Asal-usul Sejarah Pisang Goreng

Pasti banyak dari pembaca yang sudah pernah menikmati pisang goreng. Namun pernahkah anda tahu bagaimana sejarah pirang goreng? Jika belum tahu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sejarah singkat pisang goreng, kudapan khas Indonesia.

Pisang goreng sebenarnya tidak hanya populer di Indonesia. Penduduk negara-negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura ternyata juga menyukai pisang goreng. Pisang goreng biasa dijadikan kudapat untuk dimakan bersama keluarga.

Awal munculnya pisang goreng

Sekitar tahun 1511 atau pada masa pendudukan Portugis di Indonesia (Melayu khususnya) olahan pisang kupas yang digoreng dengan dilumuri tepung sangat disukai oleh orang portugis. Kemudian makanan tersebut diadopsi oleh penduduk melayu. Bahan yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan sekarang. Adonan terbuat dari tepung, telur, gula, dan garam.

Pisang yang biasa digunakan untuk dibuat pisang goreng adalah pisang kepok karena teksturnya yang padat dan tidak lembek jika digoreng. Pisang kepok yang digunakan juga tidak terlalu matang agar didapatkan citarasa terbaik.

Jika jaman dahulu pisang goreng hanya dibuat dengan dicelup adonan biasa, sekarang sudah banyak varian pisang goreng yang muncul. Sebut saja pisang molen, sale pisang, nugget pisang, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat olahan pisang yang diberi aneka topping yang menambah kenikmatan pisang goreng tersebut.

Pernah dicap sebagai makanan orang susah

Dikarenakan pengolahannya yang mudah dengan menggunakan bahan yang murah, pisang goreng sering dicap sebagai makanan orang susah. Padahal pisang goreng memiliki banyak kandungan vitamin dan potasium yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Konsumsi pirang goreng tidak boleh berlebihan karena kandungan minyak dan karbohidrat dalam pisang goreng meningkat sangat banyak bila dibandingkan pisang yang masih segar. Konsumsi berlebihan pisang goreng dapat menyebabkan obesitas dan berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Pisang goreng pontianak masih populer hingga saat ini

Kota dengan jajanan pisang goreng paling sedap tentunya Kota Pontianak. Kota Pontianak terkenal dengan olahan pisang kremes dan pisang pontinya yang sangat menggugah selera. Jika anda berkunjung ke Pontoianak jangan lupa untuk mencoba pisang goreng buatan Masyarakat Pontianak.

Itulah sejarah singkat pisang goreng di Indonesia. Jangan hanya tau membuat dan makannya saja, sejarah dari makanan yang kita buat juga perlu tahu agar ilmu kuliner kita bertambah. Sekian, semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aneka Resep Olahan Pisang Goreng Jaman Now

5 Buah yang Enak Dijadikan Gorengan Buah Selain Pisang